Tumbuhkan Minat Wirusaha, Siswa SMK N Jateng Pati buat Kue Kering untuk Persiapan Lebaran

Nampak sejumlah siswa SMK N Jateng Pati bersemangat membuat kue kering, Senin (18/3/24).  foto : (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)
Pati, infosmk.com - Sebuah ide kreatif mewarnai aktivitas belajar mengajar di SMK N Jateng Pati Jawa Tengah, di mana 24 siswa dari kelas 12 jurusan Agrobisnis Pengelohan Hasil Pertanian (APHP) memanfaatkan waktu untuk membuat kue kering, Senin (18/3/24). Momentum pembuatan kue ini sejalan dengan bulan Ramadan dan mendekatnya lebaran yang tak lama lagi tiba.

Dalam pembuatan kue kering ini, para siswa tampak sangat antusias dan menikmati setiap prosesnya, mulai dari membuat adonan hingga pencetakan kue. Beragam jenis kue kering pun dihasilkan, termasuk nastar, thumbprint, choco ball, kue kacang, dan brownies crispy.

Ketua Jurusan APHP, Tinuk Karila, menjelaskan bahwa kegiatan membuat kudapan lebaran ini bertujuan untuk melatih kemampuan berwirausaha para siswa. "Kami ingin menumbuhkan jiwa wirausaha di antara para siswa sehingga mereka memiliki bekal yang cukup ketika memasuki dunia kerja," ujarnya.

Menurut Tinuk, kegiatan membuat kue kering menjelang lebaran sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut dan semakin berkembang di masa mendatang, bahkan mungkin sampai merambah ke pemasaran online.

Hasil pembuatan kue kering ini nantinya akan dibuat parsel lebaran, yang kemudian akan dipadukan dengan produk-produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lainnya di Kabupaten Pati. Kerjasama ini turut melibatkan Komunitas UMKM Pati (Kupat) untuk membantu dalam proses pemasaran.

"Tak hanya mengandalkan bantuan dari UMKM Kupat, kami juga mendorong para siswa untuk aktif dalam pemasaran. Mereka diberi waktu untuk menghubungi keluarga di rumah dan memasarkan kue kering yang mereka buat," tambahnya.

Sumber: JogloJateng.com

 

Posting Komentar untuk "Tumbuhkan Minat Wirusaha, Siswa SMK N Jateng Pati buat Kue Kering untuk Persiapan Lebaran"