Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Apresiasi Keunggulan SMK Negeri 2 Ponorogo

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai Meninjau salah satu Unit Usaha Tata Kecantikan SMK Negeri 2 Ponorogo
Ponorogo, infosmk.com - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, beserta rombongan, melaksanakan kunjungan ke SMK Negeri 2 Ponorogo. Kunjungan ini didampingi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo-Magetan, Supardi, SH., M.Pd, beserta jajaran, serta Kepala SMK Negeri 2 Ponorogo, Farida Hanim Handayani, S.Pd., M.Pd, bersama wakil kepala dan guru-guru, Jum’at, 01 Maret 2024.  

Dalam kunjungan tersebut, Aries Agung Paewai secara langsung menyempatkan diri untuk berkeliling dan meninjau sarana dan prasarana SMK Negeri 2 Ponorogo. Mulai dari ruang kelas, sarana praktik, hingga unit usaha SMK Negeri 2 Ponorogo menjadi fokus pantauan beliau. Dengan penuh apresiasi, beliau menilai bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki SMK Negeri 2 Ponorogo sangat lengkap dan modern. Kebersihan dan kerapian lingkungan SMK Negeri 2 Ponorogo juga mendapat pujian khusus dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai Meninjau salah satu bengkel Busana SMK Negeri 2 Ponorogo
Pada saat meninjau proses Kegiatan Belajar Mengajar, Aries Agung Paewai tak hanya berfokus pada fasilitas, melainkan juga berinteraksi dengan para peserta didik. Masih banyak para peserta didik yang belum mengenalnya, akhirnya beliau mengundang peserta didik untuk membuka akun Instagram pribadinya. Kejadian menarik pun terjadi ketika salah satu peserta didik tidak dapat membuka akun instagram karena tidak memiliki paket data. Tanpa ragu, Aries Agung Paewai langsung mengisikan paket data untuk peserta didik tersebut, ini menunjukkan kepeduliannya terhadap akses pendidikan yang merata.  

Dari hasil pantauannya Aries Agung Paewai memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kebersihan, kerapian, dan ketertiban SMK Negeri 2 Ponorogo. Beliau menekankan pentingnya pemeliharaan dan peningkatan mutu, menyatakan bahwa SMK ini layak untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Poin lain yang disoroti adalah kompetensi sarana dan prasarana yang luar biasa, serta potensi peserta didik yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai Beriteraksi dengan peserta didik SMK Negeri 2 Ponorogo
"Apa yang saya lihat di SMK ini sangat membanggakan. Yang pertama, SMK ini bersih, rapi dan tertib agar mohon untuk dipertahankan dan ditingkatkan. Karena saya melihat, saya berkeliling tadi, luar biasa bersihnya, rapinya dan tertata dengan baik. Yang kedua, kompetensi yang dimiliki baik sarana dan prasarana juga sangat luar biasa."

Lebih lanjut, beliau menekankan pentingnya SMK Negeri 2 Ponorogo untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam waktu yang segera.

"Dan saya pikir ini sangat layak untuk menjadi BLUD dan harus segera. Agar nanti potensi-potensi anak bisa terus
dikembangkan, terus ditingkatkan dan termasuk mereka nanti skill-nya bisa lebih kompetitif dengan yang lain. Artinya, kalau mereka BLUD, mereka akan berkompetisi terhadap bagaimana marketingnya, bagaimana daya belinya, bagaimana dengan hasil yang produk yang mereka hasilkan, termasuk tadi salon kecantikan luar biasa."

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai Beriteraksi dengan peserta didik SMK Negeri 2 Ponorogo
Disinggung mengenai banyaknya peserta didik yang melaksanakan Praktik Kerja Industri sudah direkrut sebelum lulus, Aries Agung Paewai menyatakan kebanggaannya. Menurut beliau, hal ini menunjukkan bahwa dunia industri mengakui kompetensi lulusan SMK Negeri 2 Ponorogo. Beliau mengajak para guru dan manajemen sekolah untuk mempelajari strategi yang dapat membuat Praktik Kerja Industri menjadi nilai tambah bagi sekolah.

Farida Hanim Handayani, Kepala SMK Negeri 2 Ponorogo, merasa bangga dan berterima kasih atas kunjungan serta apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur. Beliau berharap kunjungan tersebut menjadi motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo, serta berharap agar segera dapat menjadi BLUD, sesuai dengan harapan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur. (tar-)

Posting Komentar untuk "Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Apresiasi Keunggulan SMK Negeri 2 Ponorogo"