SMK Negeri 2 Ponorogo Kolaborasi dengan Universitas Amikom Yogyakarta dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Siswa TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Keahlian

Ponorogo, infosmk.com - SMK Negeri 2 Ponorogo menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dalam rangka mengevaluasi kemampuan peserta didik pada tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini digelar pada tanggal 15 hingga 16 Maret 2023 di SMK Negeri 2 Ponorogo. Berbeda dengan UKK sebelumnya, kali ini TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo berkolaborasi dengan Universitas Amikom Yogyakarta untuk melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian. Universitas Amikom Yogyakarta menugaskan dua dosen terbaiknya, Wahid Miftahul Ashari, S.Kom., M.T dan Jeki Kuswanto, M.Kom, untuk bertugas sebagai penguji eksternal pada UKK TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo. 

Materi uji pada Uji Kompetensi Keahlian TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo yang diambil adalah Troubleshooting Keamanan Jaringan pada Jaringan WAN. Menurut Tarmin, S.Kom Ketua Program Keahlian TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo, materi ini diambil karena sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Selain itu, tujuan diadakannya UKK adalah untuk mengukur kompetensi siswa TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo sebelum mereka terjun ke dunia kerja.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Ponorogo, Farida Hanim Handayani, S.Pd., M.Pd, menyatakan bahwa UKK ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. UKK ini juga memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dan/atau sertifikat uji kompetensi, serta mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI. Di samping itu, UKK ini juga memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian sesuai kebutuhan dunia kerja.

Enam puluh peserta didik dari kelas XII Program Keahlian TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo mengikuti UKK ini dengan antusias dan penuh semangat. Para peserta didik berharap hasil UKK kali ini dapat memuaskan semua pihak dan memberikan manfaat yang besar bagi siswa TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo. Dengan adanya UKK ini, para siswa TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo diharapkan siap dan memiliki kemampuan yang cukup untuk bersaing di dunia kerja.

Posting Komentar untuk "SMK Negeri 2 Ponorogo Kolaborasi dengan Universitas Amikom Yogyakarta dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan"