SMK Satya Praja 2 Petarukan Berhasil Ciptakan Mesin Pengolah Sampah Menjadi BBM

SMK Satya Praja 2 Petarukan Berhasil Ciptakan Mesin Pengolah Sampah Menjadi BBM
Pemalang, infosmk.com - Di tengah kekhawatiran akan dampak lingkungan yang semakin mengkhawatirkan, inovasi di bidang pengolahan sampah menjadi semakin penting. Sebuah terobosan menarik datang dari SMK Satya Praja 2 Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah, yang berhasil menciptakan solusi inovatif untuk masalah sampah.

Melalui Jurusan Teknik Mekanik Industri, SMK Satya Praja 2 Petarukan telah berhasil mengembangkan mesin pengolah sampah menjadi bahan bakar minyak (BBM), memberikan solusi efektif dalam mengatasi persoalan sampah yang terus meningkat.

Kepala Sekolah SMK Satya Praja 2 Petarukan, Purwo Setya Witanto, menyatakan bahwa kerja sama dengan Persatuan Alumni Jerman (PJA) menjadi kunci dalam kesuksesan proyek ini. Dengan bimbingan dan pelatihan dari para alumni, siswa-siswa SMK mampu menciptakan mesin yang diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi lingkungan.

Mesin ini memiliki kemampuan untuk mengubah sampah anorganik seperti plastik menjadi BBM yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif, menandai tonggak penting dalam upaya mengurangi sampah plastik di wilayah tersebut.

Secara teknis, mesin ini bekerja dengan mengubah plastik atau oli bekas menjadi hidrokarbon melalui beberapa komponen seperti reaktor, tower katalis, pemurni solar, penampung nafta, penampung bensin, dan bak sirkulasi pendingin. Diklaim mampu menghasilkan 85—94% bahan bakar sejenis solar dengan kualitas euro 4 dan sisanya 6—15% berupa nafta dengan total kapasitas 500—1.000 liter per hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemalang, Raharjo, menyambut baik inovasi ini dan berharap dapat menjadi langkah signifikan dalam menanggulangi masalah sampah plastik di Kabupaten Pemalang. Dengan adanya alternatif bahan bakar yang dihasilkan dari sampah, diharapkan juga dapat memberikan solusi ekonomis bagi masyarakat.

"Pemda sangat mendukung kegiatan inovatif semacam ini. Yang penting konsisten dan berkelanjutan menciptakan inovasi-inovasi baru agar dapat berguna bagi masyarakat. Kita akan bantu agar semuanya legal, secara emisi, secara aturan. Kita akan lakukan pendampingan," ucap Raharjo.

Inovasi ini tidak hanya menunjukkan potensi besar dalam pengolahan sampah menjadi sumber energi alternatif, tetapi juga merupakan contoh nyata kolaborasi antara sekolah, alumni, dan pemerintah dalam menghadapi tantangan lingkungan yang serius. Semoga inovasi ini dapat diadopsi lebih luas dan menjadi inspirasi bagi upaya-upaya serupa di seluruh Indonesia.

Sumber : https://vokasi.kemdikbud.go.id/

Posting Komentar untuk "SMK Satya Praja 2 Petarukan Berhasil Ciptakan Mesin Pengolah Sampah Menjadi BBM"