SMK Negeri 1 Batukliang Gandeng BLiP dalam Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian

SMK Negeri 1 Batukliang Gandeng BLiP dalam Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian
Lombok, Infosmk.com - SMK Negeri 1 Batukliang, Lombok Tengah, kembali menunjukkan komitmennya dalam mencetak generasi muda yang unggul dengan melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan 4 sampai dengan 6 Maret 2024. UKK ini tidak hanya sebagai ujian akhir, tetapi juga sebagai indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, sebuah jurusan favorit di SMKN 1 Batukliang dengan peminat yang paling tinggi.

Dalam upaya membangun lulusan yang berkompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, SMKN 1 Batukliang menjalin kerja sama dengan PT BLiP Integrator Provider untuk berperan sebagai juri dalam pelaksanaan UKK. Tak hanya itu, BLiP juga menjadi mitra industri dalam pelaksanaan program kelas industri.

Asisten Manager BLiP Area NTB, Kurniawan, menyambut positif kerjasama ini. "Pengalaman yang sangat menarik menurut saya, berhadapan dengan murid-murid SMK yang notabene nya masih remaja dengan karakter yang beraneka ragam, secara garis besar siswa SMKN 1 Batukliang sudah mampu menguasai teori dan praktik dasar jaringan sehingga siswa mempunyai bekal/kemampuan dasar untuk menghadapi dunia kerja/industri setelah lulus nanti,” ungkapnya.

Menurut Kurniawan, kerjasama ini juga menjadi bukti bahwa BLiP sangat terbuka dalam kolaborasi dengan dunia pendidikan. Dengan tenaga kerja profesional yang mumpuni, BLiP dapat berperan sebagai juri, penilai, bahkan guru tamu.

BLiP, sebuah perusahaan yang selalu mendukung langkah generasi muda agar lebih unggul dalam skill, attitude, dan knowledge, telah menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra di dunia pendidikan. Langkah ini diharapkan dapat mengatasi masalah rendahnya penyerapan lulusan di dunia kerja.

Kepala Program TJKT SMKN 1 Batukliang, Kariadi, S.Kom, menyatakan bahwa kerjasama dengan BLiP telah terjalin melalui MoU. “BLiP adalah salah satu Internet Service Provider (ISP) dengan cakupan nasional dan memiliki cabang di berbagai daerah, salah satunya di Denpasar yang beberapa waktu yang lalu pernah kami kunjungi," jelasnya.

Kerjasama antara SMK Negeri 1 Batukliang dan BLiP diharapkan tidak hanya memberikan manfaat pada pelaksanaan UKK, tetapi juga dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. (tar-)

Posting Komentar untuk "SMK Negeri 1 Batukliang Gandeng BLiP dalam Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian"